Definifi dan Sejarah E-Commerce
Definifi dan Sejarah E-Commerce
Definisi E-Commerce
Adalah penjualan & pembelian barang /jasa antara perusahaan, perorangan, pemerintah, organisasi dll yang dilakukan melalui komputer pada media jaringan.Sejarah E-Commerce
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994, pada saat pertama kali Banner Elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut riset Forrester, tahun 2003 E-Commerce menghasilkan US$12,2 dan pada tahun 2011 pendapatan retail online seperempat trilyun US$. Dan diperkirakan sampai sekarang perkembangan E-Commerce didunia sangat pesat. Tahun 2013 nilai transaksi E-Commerce mencapai 130 Triliun. Menurut majalah Marketing edisi 08/XIV/Agustus/2014,WSJ,Event Varitrans:Rise of E- commerce, Indonesia menempati urutan ke 5 untuk pertumbuhan E-Commerce.Model E-Commerce
1. B2B (Business to Business)B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya.
2. B2C (Business to Customer)
transaksi online terjadi antara perusahaan dengan konsumen individual.
3. C2B (Customer to Business)
transaksi online terjadi antara konsumen individual dengan Perusahaan.
4. C2C (Customer to Customer)
C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya.
Manfaat E-Commerce
Manfaat bagi perusahaan:
•Jangkauan global•Pengurangan biaya operasi
•Perbaikan rantai pasokan
•Penambahan jam buka: 24/7/365
•Model bisnis baru
•Kecepatan time-to-market
•Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah
•Efisiensi pengadaan
•Meningkatkan hubungan dengan konsumen
•Informasi yang up-to-date
•Tidak harus membayar pajak/ biaya usaha fisik
•Dsb.
Manfaat bagi konsumen:
•´Dimana saja – kapan saja•Lebih banyak pilihan produk dan jasa
•Harga lebih murah
•Pengiriman/penyampaian segera
•Ketersediaan informasi
•Kesempatan berpartisipasi
•Wahana komunitas elektronik
•Personalisasi, sesuai selera
•Tidak dikenai pajak penjualan
Manfaat bagi masyarakat:
–Memungkinkan telecommuting–Peningkatan kualitas hidup
–Dapat menolong masyarakat yang kurang mampu
–Kemudahan mendapatkan layanan umum
Tantangan E-Commerce
•Keamanan•Kepercayaan dan resiko
•SDM
•Model bisnis
•Budaya
•Penipuan
•Akses Internet yang lambat
•Permasalahan hukum/legalitas
Komentar
Posting Komentar