Definifi dan Sejarah E-Commerce

Definifi dan Sejarah E-Commerce


Definisi E-Commerce

        Adalah penjualan & pembelian barang /jasa antara perusahaan, perorangan, pemerintah, organisasi dll yang dilakukan melalui komputer pada media jaringan.

Sejarah E-Commerce

         E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994, pada saat pertama kali Banner Elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut  riset  Forrester,  tahun 2003  E-Commerce menghasilkan US$12,2 dan pada tahun 2011 pendapatan retail online seperempat trilyun US$. Dan diperkirakan sampai sekarang perkembangan E-Commerce didunia sangat pesat. Tahun 2013 nilai transaksi  E-Commerce mencapai 130 Triliun. Menurut majalah Marketing edisi 08/XIV/Agustus/2014,WSJ,Event  Varitrans:Rise of E- commerce, Indonesia menempati urutan  ke 5 untuk pertumbuhan E-Commerce.


Model E-Commerce 

1. B2B (Business to Business)
    B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu  ke obyek bisnis lainnya.
2. B2C (Business to Customer)
    transaksi online terjadi antara perusahaan dengan konsumen individual.
3. C2B (Customer to Business)
    transaksi online terjadi antara konsumen individual dengan Perusahaan.
4. C2C (Customer to Customer)
    C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya.

Manfaat E-Commerce

Manfaat bagi perusahaan:

•Jangkauan global
•Pengurangan biaya operasi
•Perbaikan rantai pasokan
•Penambahan jam buka: 24/7/365
•Model bisnis baru
•Kecepatan time-to-market
•Biaya komunikasi/koordinasi lebih rendah
•Efisiensi pengadaan
•Meningkatkan hubungan dengan konsumen
•Informasi yang up-to-date
•Tidak harus membayar pajak/ biaya usaha fisik
•Dsb.

Manfaat bagi konsumen:

•´Dimana saja – kapan saja
•Lebih banyak pilihan produk dan jasa
•Harga lebih murah
•Pengiriman/penyampaian segera
•Ketersediaan informasi
•Kesempatan berpartisipasi
•Wahana komunitas elektronik
•Personalisasi, sesuai selera
•Tidak dikenai pajak penjualan      

Manfaat bagi masyarakat:

–Memungkinkan telecommuting
–Peningkatan kualitas hidup
–Dapat menolong masyarakat yang kurang mampu
–Kemudahan mendapatkan layanan umum

Tantangan E-Commerce

•Keamanan
•Kepercayaan dan resiko
•SDM
•Model bisnis
•Budaya
•Penipuan
•Akses Internet yang lambat
•Permasalahan hukum/legalitas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah: Bedah Aplikasi Gojek

Siklus Produksi

Pengelolaan Aktiva Tetap