Makalah: Bedah Aplikasi Gojek
Makalah: Bedah Aplikasi Gojek
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Bisnis informatika itu sendiri adalah pekerjaan yang
dilakukan individu atau kelompok untuk mendapatkan keuntungan layaknya sebuah
bisnis yang memanfaatkan teknik informatika, contohnya internet ataupun
aplikasi yang ada di handphone. Yang kita ketahui zaman sekarang bisnis
informatika berkembang pesat, salah satunya Ibukota
Indonesia sedang ‘diserbu’ oleh pasukan hijau yang menciptakan kehebohan di
kalangan masyarakat urban. Saat menyusuri jalan, di mana pun Anda berada, akan
terlihat satu-dua motor yang penumpangnya mengenakan jaket hijau dengan tulisan
Gojek di belakangnya. Kalau si pengendara motor itu sedang membawa penumpang,
maka penumpangnya pasti mengenakan helm dengan corak warna dan logo yang sama.
Melihat
perkembangan Gojek memang sangat menarik karena Gojek merupakan startup pioner
dibidang ojek online sehingga tampaknya cukup fair jika Gojek dijadikan contoh,
harapannya perkembangan Gojek ini dapat menjadi suatu success story yang dapat
diambil sebagai lessson learned bagi startup lainnya.
1.2 Batasan
Masalah
Ruang
lingkup dalam pembahasan Bedah Situs Aplikasi Gojek disini hanya sebatas tentang bagaimana cara menggunakan
atau bertransaksi pada aplikasi gojek tersebut.
1.3 Rumusan
Masalah
Dari
latar belakang yang ada, maka dapat dirumuskan permasalahannya sebagai berikut
:
1) Bagaimana sejarah berdirinya perusahaan Gojek ?
2) Bagaimana sistem bertransaksi pada Gojek tersebut?
3) Jasa apa saja yang ditawarkan pada sistem Gojek?
4) Apa saja keunggulan dan kelemahan pada Gojek?
1.4 Tujuan
Penulisan
1) Untuk mengetahui bagaimana sistem bertransaksi pada
sistem Gojek.
2) Untuk memenuhi
tugas dari mata kuliah E-Commerce dalam Bedah Situs Aplikasi Gojek
tersebut.
1.5 Manfaat
Penulisan
Bermanfaat suatu proses belajar
untuk mengetahui dan menganalisa mengenai Aplikasi Gojek, dan menambah wawasan
bagi penulis.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah
Berdirinya Gojek
GO-JEK merupakan
perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri transportasi Ojek.
GO-JEK bekerjasama dengan para pengendara Ojek berpengalaman di Jakarta,
Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang,
pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan.
GoJek Indonesia berdiri pada tahun 2011 oleh Nadiem Makarim. sebagai social
enterpreneurship inovatif untuk mendorong perubahan sektor transportasi
informal agar dapat beroperasi secara profesional. Manajemen GoJek menerapkan
sistem bagi hasil dengan sekitar 1000 pengemudi ojek yang saat ini berada di
bawah naungan GoJek dan tersebar di Jabodetabek. Pembagiannya adalah, 80%
penghasilan untuk pengemudi ojek dan 20%-nya untuk perusahaan.
GOJEK
perusahaan yang memiliki sebuah slogan yaitu An Ojek For Every Need adalah
perusahaan transportasi asal Indonesia yang melayani angkutan manusia dan
barang melalui jasa ojek melalui aplikasi yang dengan teknologi location based
akan mencarikan driver yang posisinya paling dekat dengan pemesan.
2.2 Statistik
a) Jumlah Pengunjung
Pada Januari 2015 lalu,
aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 32.360 kali. Dari jumlah tersebut, 17.582
unduhan diantaranya berasal dari pengguna Android, sedangkan sisanya berasal
dari pengguna iOS. Bulan berikutnya unduhan semakin meningkat.
Pada Februari total
unduhan mencapai 81.843 kali. Dari jumlah tersebut 50.106 pengunduh diketahui
menggunakan handset berbasis Android, sedangkan sisanya mengunduh dengan
perangkat berplatform milik Apple. Memasuki bulan ketiga, jumlahnya terus
meroket.
Pada Maret lalu,
unduhan Gojek diketahui sudah menembus 131.795 kali. Seperti bulan sebelumnya,
unduhan yang lebih banyak dilakukan melalui sistem operasi besutan Google.
secara rinci unduhan melalui Android mencapai 81.893, sedangkan sisanya
menggunakan iOS.
Sementara itu, jumlah
tukang ojek yang sudah tergabung dengan Gojek mencapai 3.700 orang pada pekan
terakhir Maret lalu. Jumlah tersebut terbilang meroket cukup drastis. Pasalnya,
pada Januari lalu tukang ojek yang bergabung baru 700 orang.
b) Omset
Omset atau penghasilan
yang di dapat oleh para tukang ojek gojek bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 6
juta perbulan. Sistemnya adalah bagi hasil, yakni 80% dari total penghasilan
masuk kantong pengojek dan 20% sisanya
untuk perusahaan gojek itu
sendiri
(Kompas.com) .
2.3 Bidang
Usaha
GO-JEK
merupakan bergerak dibidang usaha yang meberikan pelayanan terhadap pelanggan
atau pengguna jasa gojek, mulai dari mengantarkan pelanggannya sampai dengan
mengntarkan barang baik skala kecil maupun besar, dan juga menyediakan jasa
pemesanan makanan, dan masih banyak lagi jasa yang ditawarkan oleh gojek.
2.4 Jasa
Yang Di Tawarkan
Gojek
menawarkan 8 jasa layanan yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan yaitu
1)
GO-BOX
yang merupakan layanan yang baru di launching pada bulan Oktober ini yang
melayani untuk memesan mobil pickup, mobil boks, truk engkel dan truk engkel
boks untuk antar dan kirim barang dalam jumlah besar.
2)
GO-SEND
yang merupakan layanan pengiriman
barang layaknya JNE, akan
tetapi waktu pengiriman lebih cepat tidak membutuhkan waktu yang lama.
3)
GO-RIDE
merupakan layanan gojek untuk mengantarkan konsumen kemana saja sesuai alamat
yang dituju.
4)
GO-FOOD
adalah salah satu fitur dalam aplikasi GO-JEK. GO-FOOD memberikan pelanggan
kemudahan dalam layanan pesan antar makanan.
5)
GO-MART
adalah layanan terbaru dari GO-JEK, diciptakan untuk memberikan kemudahan
berbelanja dari aplikasi ponsel, dimanapun kita berada, terdapat puluhan toko
dengan puluhan ribu produk, sehingga akan lebih praktis dan kemudahan berbelanja.
6)
GO-CLEAN merupakn
jasa atau pelayanan bersih-bersih baik itu untuk membersihkan
rumah atau kantor atau yang lainnya.
7)
GO-GLAM merupakan
jasa layanan salon, yang memberikan kemudahan unutuk melakukan perawatan
kecantikan dan lain sebaginya.
8)
GO-MASSAGE yang merupakan layanan untuk
memesan tukang pijat.
9)
GO-BUSWAY merupakan layanan jasa gojek untuk membantu
para calon penumpang busway Transjakarta dalam mencari/melihat halte-halte
busway + rute, dan juga solusi pengantar calon penumpang busway dari lokasi dia
berada menuju halte yang diinginkan.
2.5 Keunggulan
dan Kelemahan
a)
Keunggulan
Beberapa
kelebihan Gojek adalah sebagai berikut :
1.
Praktis dan
Mudah dalam bertransaksi
2.
Penggunaan
trend teknologi Aplikasi GO-JEK
3.
Memberikan
Kenyamanan terhadap penumpang
4.
Tidak
ada tawar menawar harga, semua sudah langsung terkalkulasi saat order.
5.
Bisa
sebagai antar jemput barang dan belanja
6.
Mendapat
fasilitas Helm resmi dari Gojek berwarna hijau dan bersih, dan Penutup
masker.
7.
Pelayanan
nya pun ramah dan sopan, dan mematuhi rambu lalu lintas.
b)
Kelemahan
1.
Harus
mempunyai paket data untuk bertransaksi.
2.
Masalah
privasi pelanggan atau potensi penyalahgunaan data pelanggan GOJEK
BAB III
PENUTUP
Dengan adannya gojek online ini memberikan kemudahan bagi masyarakat
untuk berpergian kemana pun, dan menjadikan solusi untuk menghindari kemacetan,
dan memberikan pengaruh besar terhadap kemajuan teknologi di era sekarang ini
3.2 Saran
Semoga
dengan adannya transportasi online ini memberikan pengaruh baik transportasi
bagi masyarakat.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmantap, postingannya cukup membantu saya..
BalasHapus