Makalah: Bedah Aplikasi Gojek



Makalah: Bedah Aplikasi Gojek
 



BAB I
PENDAHULUAN


1.1  LATAR BELAKANG
Bisnis informatika itu sendiri adalah pekerjaan yang dilakukan individu atau kelompok untuk mendapatkan keuntungan layaknya sebuah bisnis yang  memanfaatkan teknik informatika, contohnya internet ataupun aplikasi yang ada di handphone. Yang kita ketahui zaman sekarang bisnis informatika berkembang pesat, salah satunya Ibukota Indonesia sedang ‘diserbu’ oleh pasukan hijau yang menciptakan kehebohan di kalangan masyarakat urban. Saat menyusuri jalan, di mana pun Anda berada, akan terlihat satu-dua motor yang penumpangnya mengenakan jaket hijau dengan tulisan Gojek di belakangnya. Kalau si pengendara motor itu sedang membawa penumpang, maka penumpangnya pasti mengenakan helm dengan corak warna dan logo yang sama.
Melihat perkembangan Gojek memang sangat menarik karena Gojek merupakan startup pioner dibidang ojek online sehingga tampaknya cukup fair jika Gojek dijadikan contoh, harapannya perkembangan Gojek ini dapat menjadi suatu success story yang dapat diambil sebagai lessson learned bagi startup lainnya.

1.2  Batasan Masalah
Ruang lingkup dalam pembahasan Bedah Situs Aplikasi Gojek disini hanya  sebatas tentang bagaimana cara menggunakan atau bertransaksi pada aplikasi gojek tersebut.

1.3  Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang ada, maka dapat dirumuskan permasalahannya sebagai berikut :
1)      Bagaimana sejarah berdirinya perusahaan Gojek ?
2)      Bagaimana sistem bertransaksi pada Gojek tersebut?
3)      Jasa apa saja yang ditawarkan pada sistem Gojek?
4)      Apa saja keunggulan dan kelemahan pada Gojek?
1.4  Tujuan Penulisan
1)      Untuk mengetahui bagaimana sistem bertransaksi pada sistem Gojek.
2)      Untuk memenuhi  tugas dari mata kuliah E-Commerce dalam Bedah Situs Aplikasi Gojek tersebut.
1.5  Manfaat Penulisan
Bermanfaat suatu proses belajar untuk mengetahui dan menganalisa mengenai Aplikasi Gojek, dan menambah wawasan bagi penulis.






BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Sejarah Berdirinya Gojek
GO-JEK  merupakan perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri transportasi Ojek. GO-JEK bekerjasama  dengan para pengendara Ojek berpengalaman di Jakarta, Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan.
GoJek Indonesia berdiri pada tahun 2011 oleh Nadiem Makarim. sebagai social enterpreneurship inovatif untuk mendorong perubahan sektor transportasi informal agar dapat beroperasi secara profesional. Manajemen GoJek menerapkan sistem bagi hasil dengan sekitar 1000 pengemudi ojek yang saat ini berada di bawah naungan GoJek dan tersebar di Jabodetabek. Pembagiannya adalah, 80% penghasilan untuk pengemudi ojek dan 20%-nya untuk perusahaan.
GOJEK perusahaan yang memiliki sebuah slogan yaitu An Ojek For Every Need adalah perusahaan transportasi asal Indonesia yang melayani angkutan manusia dan barang melalui jasa ojek melalui aplikasi yang dengan teknologi location based akan mencarikan driver yang posisinya paling dekat dengan pemesan.
2.2  Statistik
a)      Jumlah Pengunjung
Pada Januari 2015 lalu, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 32.360 kali. Dari jumlah tersebut, 17.582 unduhan diantaranya berasal dari pengguna Android, sedangkan sisanya berasal dari pengguna iOS. Bulan berikutnya unduhan semakin meningkat.
Pada Februari total unduhan mencapai 81.843 kali. Dari jumlah tersebut 50.106 pengunduh diketahui menggunakan handset berbasis Android, sedangkan sisanya mengunduh dengan perangkat berplatform milik Apple. Memasuki bulan ketiga, jumlahnya terus meroket.
Pada Maret lalu, unduhan Gojek diketahui sudah menembus 131.795 kali. Seperti bulan sebelumnya, unduhan yang lebih banyak dilakukan melalui sistem operasi besutan Google. secara rinci unduhan melalui Android mencapai 81.893, sedangkan sisanya menggunakan iOS.
Sementara itu, jumlah tukang ojek yang sudah tergabung dengan Gojek mencapai 3.700 orang pada pekan terakhir Maret lalu. Jumlah tersebut terbilang meroket cukup drastis. Pasalnya, pada Januari lalu tukang ojek yang bergabung baru 700 orang.
b)      Omset
Omset atau penghasilan yang di dapat oleh para tukang ojek gojek bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 6 juta perbulan. Sistemnya adalah bagi hasil, yakni 80% dari total penghasilan masuk kantong pengojek dan 20%  sisanya untuk perusahaan gojek itu sendiri (Kompas.com) .
2.3  Bidang Usaha
GO-JEK merupakan bergerak dibidang usaha yang meberikan pelayanan terhadap pelanggan atau pengguna jasa gojek, mulai dari mengantarkan pelanggannya sampai dengan mengntarkan barang baik skala kecil maupun besar, dan juga menyediakan jasa pemesanan makanan, dan masih banyak lagi jasa yang ditawarkan oleh gojek.
2.4  Jasa Yang Di Tawarkan
Gojek menawarkan 8 jasa layanan yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan yaitu
1)      GO-BOX yang merupakan layanan yang baru di launching pada bulan Oktober ini yang melayani untuk memesan mobil pickup, mobil boks, truk engkel dan truk engkel boks untuk antar dan kirim barang dalam jumlah besar.
2)      GO-SEND yang merupakan layanan pengiriman barang layaknya JNE,  akan tetapi waktu pengiriman lebih cepat tidak membutuhkan waktu yang lama.
3)      GO-RIDE merupakan layanan gojek untuk mengantarkan konsumen kemana saja sesuai alamat yang dituju.
4)      GO-FOOD adalah salah satu fitur dalam aplikasi GO-JEK. GO-FOOD memberikan pelanggan kemudahan dalam layanan pesan antar makanan.
5)      GO-MART adalah layanan terbaru dari GO-JEK, diciptakan untuk memberikan kemudahan berbelanja dari aplikasi ponsel, dimanapun kita berada, terdapat puluhan toko dengan puluhan ribu produk, sehingga akan lebih  praktis dan kemudahan berbelanja.
6)       GO-CLEAN merupakn jasa atau pelayanan bersih-bersih baik itu untuk membersihkan rumah atau kantor atau yang lainnya.
7)       GO-GLAM merupakan jasa  layanan salon, yang memberikan kemudahan unutuk melakukan perawatan kecantikan dan lain sebaginya.
8)       GO-MASSAGE yang merupakan layanan untuk memesan tukang pijat.
9)      GO-BUSWAY merupakan layanan jasa gojek untuk membantu para calon penumpang busway Transjakarta dalam mencari/melihat halte-halte busway + rute, dan juga solusi pengantar calon penumpang busway dari lokasi dia berada menuju halte yang diinginkan.
2.5  Keunggulan dan Kelemahan
a)      Keunggulan
Beberapa kelebihan Gojek adalah sebagai berikut :
1.      Praktis dan Mudah dalam bertransaksi
2.      Penggunaan trend teknologi Aplikasi GO-JEK
3.      Memberikan Kenyamanan terhadap penumpang
4.      Tidak ada tawar menawar harga, semua sudah langsung terkalkulasi saat order.
5.      Bisa sebagai antar jemput barang dan belanja
6.      Mendapat fasilitas Helm resmi dari Gojek berwarna hijau dan bersih, dan Penutup masker.
7.      Pelayanan nya pun ramah dan sopan, dan mematuhi rambu lalu lintas.
b)      Kelemahan
1.      Harus mempunyai paket data untuk bertransaksi.
2.      Masalah privasi pelanggan atau potensi penyalahgunaan data pelanggan GOJEK



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dengan adannya gojek online ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berpergian kemana pun, dan menjadikan solusi untuk menghindari kemacetan, dan memberikan pengaruh besar terhadap kemajuan teknologi di era sekarang ini
3.2 Saran
Semoga dengan adannya transportasi online ini memberikan pengaruh baik transportasi bagi masyarakat.
 

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. mantap, postingannya cukup membantu saya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siklus Produksi

Pengelolaan Aktiva Tetap