Tugas Jaringan Komputer



MEDIA KOMUNIKASI HARSWARE DAN SOFTWARE

HARDWARE DAN SOFTWARE
PENDUKUNG SISTEM KOMUNIKASI DATA
                                                
A.    Pendahuluan.
      LAN dapat didefenisikan sebagai hubungan antara 2 atau lebih sistem komputer yang lokasinyaterbatas melalui media komunikasi untuk melakukan pertukaran data antara satu komputer kekomputer yang lainnya dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon,melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri.
B. Pembahasan.
*      HARDWIRE
1.      Workstation.Workstation merupakan node atau host yang berupa suatu sistem komputer. Sistem komputer ini dapatberupa PC atau dapat pula berupa suatu komputer yang besar seperti sistem minicomputer, bahkansuatu mainframe. Workstation dapat bekerja sendiri (stand-alone) dapat pula menggunakan jaringanuntuk bertukar data dengan workstation atau user yang lain.
2.      Server. Perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubungpada jaringan tersebut.pada umumnya sumber daya (resources) seperti printer, disk, dan sebagainyayang hendak digunakan secara bersama oleh para pemakai di workstation berada dan bekerja padaserver. Berdasarkan jenis pelayanannya dikenal disk server, file server, print server, dan suatu serverjuga dapat mempunyai beberapa fungsi pelayanan sekaligus.
3.      Media Transmisi. Workstation dan Server tidak akan saling berhubungan tanpa adanya media transmisi yg umumnyaberupa kabel. Beberapa contoh media transmisi yang bisa digunakan adalah sebagi berikut:
·         Twisted Pair.
1.      Bentuknya mirip dengan kabel telpon biasa
2.      Jaraknya pendek
3.      Kabel ini terbagi dua, yaitu Shielded Twisted Pair
4.      (STP) dan Unshielded Twisted Pair(UTP)
5.      Di dalamnya ada beberapa pasangan kabel yang saling dilintir dengan pasangannnya (sehinggadisebut dengan twisteed pair). Maksud pelintiran kabel adalah mengurangi interferensi, noisedan gangguan yang masuk Kecepatan data yang dapat didukung terbatas, 10-16 Mbps. 6).Relatif murah.

a.      Shielded Twisted Pair (STP).
1)      Memiliki selubung pembungkus
2)      Lebih mahal
3)      Lebih tahan terhadap gangguan dari luar
4)      Penanganannya lebih mudah1.2 Unshield Twisted Wire Pair (UTP) Lebih mudah untuk dipelihara karena kerusakan disatu saluran tidak akan mengganggu kinerja satu sama lain.
5)      Dibutuhkan sebuah HUB untuk membangun sebuah jaringan Hanya dapat menangani satu kanal (Base band).
b.      Coaxial.
1)      Umumnya digunakan untuk tv
2)      Jarak yang relatif jauh
3)      Paling populer digunakan untuk LAN yang sangat kecil, sekitar lima komputer.
4)      Memiliki bandwith yang lebar sehingga digunakan untuk komunikasi Broadband
5)      Kecepatan pengiriman data lebih tinggi di banding Twisted Pair, 30 Mbps.
6)      Relatif tidak mahal.
c.       Fiber Optic.
1)      Bandwith sangat lebar.
2)      Hampir tidak ada resistansi, jadi dapat digunakan untuk komunikasi jarak jauh.
3)      Tidak terlalu berpengaruh oleh gangguan cuaca dan panas.
4)      Inteferensi sangat kecil.
5)      Dapat digunakan untuk kecepatan tinggi 155 Mpbs, 625 Mpbs sampai Gbps.
6)      Harga yang relatif masih mahal.


4.      NetworkInterface Card (NIC).
Kartu antar muka jaringan merupakan perangkat penghubung,setiap komputer harus memilikinya.Untuk menghubungkan jaringan melalui suatu rangkaian elektronika yang dirancang khusus untukmenangani network protocol yang dikenal dengan NetworkInterface Card (NIC).
5.      Hub.   
Hub berfungsi untuk menyatukan kabelkabel network dari setiap komputer dan perangkat lainnyaHub dibagi dua, hub aktif dan pasif (Switch)Hanya memiliki satu buah domain collisionBekerja pada lapisan Physical.
6.      Repeater
Sebagai penerus dan penguat sinyal > Pada topologi Bintang yang menggunakan Kabel UTP,panjang Kabel lebih dari 100 meter harus menggunakan Repeater.
7.      Bridge.
Untuk memisahkan jaringan yang luas menjadi subjaringan yang kecilSangat selektif dalam melewatkan data untuk dikirimkan antar subjaringanMampu mengkoneksikan network dengan tipe kabel atau topologi yang berbeda.
8.      Router.
Prinsip kerja hampir sama dengan bridge. Kemampuannya untuk mencari jalur yang terbaik dalam mentransmisikan pesan dari alamat asal ke alamat tujuan. Kemampuan untuk mengatur data / menarik data dari posisi sibuk ke posisi bersih, dapat mengatur jalur sinyal secara efisien, mengatur antara 2 buah protokol.

B.     Softwire OS (Operating System)
           
            Pengertian Sistem operasi komputer (OS) adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.
           
            Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

            Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Contoh-contoh dari Sistem operasi Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain. Di bawah ini merupakan tampilan antarmuka sistem operasi Windows 7, Linux (ubuntu), dan Mac OS X
C.     IP Configuration.
            IPConfig adalah salah satu internal command di MS. Command Prompt (CMD) yang berfungsi untuk melihat dan mengkonfigurasi settingan perangkat jaringan.
Macam Macam Penggunaan perintah Ipconfig.
1)      IPconfig/all
            Menampilkan informasi konfigurasi koneksi, misalnya Host Name, Primary DNS Type, Ethernet Adapter LAN.
2)      IPconfig/displaydns
Berfungsi untuk menampilkan DNS Cache.
3)      IPconfig/flushdns
Berfungsi menghapus DNS Cache
4)      IPconfig/release
untuk “Menghapus” semua koneksi IP Address.
5)      IPconfig/renew
untuk membuat IP Address baru untuk adapter tertentu.
6)      IPconfig/registerdns
untuk melakukan refresh DNS dan meregistrasi kembali koneksi DNS.
D.SQL/My SQL/Oracle
1)      SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.
Secara umum, SQL terdiri dari dua bahasa, yaitu Data Definition Language (DDL) dan Data Manipulation Language (DML). Implementasi DDL dan DML berbeda untuk tiap sistem manajemen basis data (SMBD)[1], namun secara umum implementasi tiap bahasa ini memiliki bentuk standar yang ditetapkan ANSI. Artikel ini akan menggunakan bentuk paling umum yang dapat digunakan pada kebanyakan SMBD.
·         Data Definition Language.DDL digunakan untuk mendefinisikan, mengubah, serta menghapus basis data dan objek-objek yang diperlukan dalam basis data, misalnya tabel, view, user, dan sebagainya. Secara umum, DDL yang digunakan adalah CREATE untuk membuat objek baru, USE untuk menggunakan objek, ALTER untuk mengubah objek yang sudah ada, dan DROP untuk menghapus objek. DDL biasanya digunakan oleh administrator basis data dalam pembuatan sebuah aplikasi basis data. 
·         CREATE
CREATE digunakan untuk membuat basis data maupun objek-objek basis data. SQL yang umum digunakan adalah:
ü  CREATE DATABASE nama_basis_data.
ü  CREATE DATABASE membuat sebuah basis data baru.
ü  CREATE TABLE nama_tabel 
E.     Data Manipulation Language
DML digunakan untuk memanipulasi data yang ada dalam suatu tabel. Perintah yang umum dilakukan adalah:
ü  SELECT untuk menampilkan data
ü  INSERT untuk menambahkan data baru
ü  UPDATE untuk mengubah data yang sudah ada
ü  DELETE untuk menghapus data
2)      MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
*      MySQL memiliki beberapa keistimewaan, antara lain :
o   Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
o   Perangkat lunak sumber terbuka. MySQL didistribusikan sebagai perangkat lunak sumber terbuka, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara gratis.
o   Multi-user. MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
o   Performance tuning MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
o   Ragam tipe data. MySQL memiliki ragam tipe data yang sangat kaya, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
o   Perintah dan Fungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
o   Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.
o   Skalabilitas dan Pembatasan. MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
o   Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
o   Lokalisasi. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.
o   Antar Muka. MySQL memiliki antar muka (interface) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).
o   Klien dan Peralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool)yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
o   Struktur tabel. MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle.

3)      Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).
           
Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.Oracle Merupakan RDMS yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan didunia.Database Oracle adalah produksi dari Oracle Corporation, sebuah perusahaan komputer raksasa yang bermarkas di Redwood City, California.Pengembanan Oracle dimulai pada tahun 1977 ketika Larry Ellison melihat ada peluang bagus yang dimanfaatkan perusahaan-perusahaan software kala itu.
Tahun 1979 versi pertama dijual kepada umum. Versi pertama meyertakan interface SQL untuk berinteraksi dengan database.Tahun 1983, mereka mengubah nama perusahaan menjadi Oracle Corporation. Pada tahun itu juga, Oracle Corp. meluncurkan versi ketiga.Tahun 1984 versi keempat diluncurkan, Oracle telah mendukung beberapa sistem operasi yang ada waktu itu. Pengembangan terus dilakukan sesuai dengan perkembangan teknologi komputer.Tahun 1998, Oracle mulai mengadopsi konsep Orientasi Objek(object oriented). Konsep orientasi objek pada database sedikit berbeda dengan konsep yang dikenal dilingkungan internet sehingga mereka membubuhkan huruf ‘i’ yang merupakan huruf awal “internet”. Sampai saat ini Oracle telah mengeluarkan versi terbarunya, yakni Oracle11g.
*      Keunggulan Oracle dibanding dengan yang lain :
ü  a.Scalability, memiliki kemampuan menangani banyak user yang melakukan koneksi secara bersamaan tanpa berkurangnya performance.
ü  Reliability, memiliki kemampuan untuk melindungi data dari kerusakan jika terjadi kegagalan fungsi pada sistem seperti disk failure.
ü  Serviceability, memiliki kemampuan untuk mendeteksi masalah, kecepatan dalam mengkoreksi kesalahan, dan kemampuan melakukan konfigurasi ulang struktur data.
ü  Stability, memiliki kemampuan untuk crash karena beban load yang tinggi. Hal ini berkaitan dengan scability.
ü  Availability, yaitu kemampuan dalam penanganan crash atau failure agar service dapat tetap yaitu kemampuan dalam penanganan crash atau failure agar service dapat tetap berjalan.
ü  Multiplatform, dapat digunakan pada banyak sistem operasi seperti seperti windows, unix, linux, dan solaris.
ü  Mendukung data yang sangat besar, Oracle dapat menampung data hampir 512 pet byte (1 pet byte = 1.000.000 gigabyte).
ü  Sistem sekuriti yang cukup handal. Dapat menampung hampir semua tipe data seperti data teks, image, sound, video, dan time series.
ü  Oracle menggunakan SQL (Structured query language) sebagai bahasa perantara antara user dan database. Kemudian Oracle Corp mengembangkan sebuah bahasa procedural yang mereka sebut sebagai PL/SQL. Dengan menggunakan kedua bahasa ini, seorang user dapat mengoptimalkan penggunaan database Oracle.

III.       PENUTUP

A.    KESIMPULAN.      
            Media komunikasi data pendukung Hardware yang banyak dimanfaatkan diantaranya ada media kabel tembaga, microwave, wireless, dan yang terbaru yaitu media fiber optic (serat kaca). Dari sekian banyak media yang ada, media yang memiliki beberapa kemampuan yang menonjol dimiliki oleh media fiber optic. Sedangkan untuk pendukung sofware berupa Operating System (OS) antara lain : SQL, MY SQL dan Basis Data Oracle. Proses pendukug Hardware dan Software pada komunikasi data sangat komplek dan sering terjadi dalam keseharian kita, namun yang perlu digarisbawahi komunikasi data bukan komunikasi informasi, karena pada dasarnya dua hal tersebut sangat berlainan.
B.     SARAN
            Berhubung komunikasi data sudah selalu berhadapan dengan setiap gerak-gerik tingkah laku kita, maka perlu diperhatikan yaitu kita harus pentar-peintar dalam menentukan media yang kita gunakan, agar jangan sampai kita merasa kecewa dengan ,media yang kita pilih, maka dari itu pandai-pandailah memilih media komunikasi data yang memiliki keunggulan-keunggulan. Agar data yang kita komunikasikan bernar-benar optimal dengan hasil maksimal.
Demikian tulisan vademicum  Hardware dan Software pendukung Komunikasi data ini di buat, semoga dapat memberikan manfaat/ilmu bagi yang membaca, apabila ada kekurangan ataupun kesalahan dalam tulisan vademicum ini mohon maaf dan saran agar dapat membantu penulis, sekian dan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah: Bedah Aplikasi Gojek

Siklus Produksi

Pengelolaan Aktiva Tetap