PROPOSAL: ANALISA & PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGECEKAN DAN PENGELOLAAN SAMPEL BAHAN BAKU QC INCOMING DI PT. MERO INDONESIA
PROPOSAL
“ANALISA
& PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGECEKAN DAN PENGELOLAAN SAMPEL BAHAN BAKU
QC INCOMING DI PT. MERO INDONESIA”
Di
Susun Oleh :
ADE
RAHMAT
ALFIANDI
LIBERTY
M.ILHAM
FAUZI
NURUL
FAJRIYAH
WAWAN
SETIAWAN (SI 7 D)
STMIK
INSAN PEMBANGUNAN
Jl. Raya
Serang Km. 10 Bitung-Tangerang Telp. (021) 59492836
Periode
2015
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kepada
Tuhan yang Maha Esa, atas segala berkat dan karunia-Nya kepada kami sehingga
dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul:
“ANALISA & PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGECEKAN
DAN PENGELOLAAN SAMPEL BAHAN BAKU QC INCOMING
DI PT. MERO INDONESIA”
Kami
menyadari bahwa di dalam pembuatan makalah ini tidak lepas dari bantuan
berbagai pihak, untuk itu dalam kesempatan ini kami memberikan rasa hormat dan
mengucapkan terima kasih banyak yang sebesar-besarnya atas waktunya kepada :
1.
Ibu NURASIAH S.KOM, MM. Selaku Dosen mata kuliah REKAYASA PERANGKAT LUNAK
yang telah memberikan tugas makalah ini sehingga pengetahuan kami dalam
penulisan makin bertambah dan hal itu sangat bermanfaat bagi penyusunan skripsi
di kemudian hari.
2.
PERPUSTAKAAN
KAMPUS INSAN PEMBANGUNAN, yang telah membantu
untuk mendapatkan sumber informasi dan materi-materi yang di perlukan untuk
menyelesaikan makalah ini.
3.
Pihak-pihak yang tidak
dapat kami sebutkan satu persatu yang telah turut membantu sehingga makalah ini
bisa terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
Kami menyadari bahwa dalam proses
penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya.
Oleh karena itu kami dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima
kritik dan saran guna penyempurnaan makalah
ini.
Tangerang, 16 Nopember 2015
Penulis
A. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan dunia informasi yang semakin meningkat
seiring dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi komputer
yang menunjang berbagai kebutuhan dan permintaan informasi dari user. Membuat informasi telah menjadi
suatu kebutuhan utama dalam perusahaan. Oleh karena itu agar penyajian
informasi dapat dihasilkan secara cepat, akurat dan relevan maka dibutuhkan
suatu sistem informasi yang bisa menunjang aktifitas perusahaan.
PT.
MERO Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri
pengolahan isian roti. Pengawasan bahan baku sangat diperlukan untuk memeriksa
kebenaran apakah sudah sesuai dengan SOP (Standar Operasional Produksi) dan sesuai
dengan spesifikasi bahan baku yang standar. Setiap pengawasan kedatangan bahan
baku wajib dilakukan oleh QC Incoming,
dari analisa secara fisika kimia maupun penyimpanan sampel bahan baku secara
berkala.Sampel bahan baku merupakan identitas yang mewakili setiap bahan baku yang
di gunakan dalam proses produksi..
Permasalahan
yang sering terjadi di departement pengawasan mutu PT. MERO Indonesia adalah
pengolahan data sampel bahan baku tidak terstruktur, efisien dan sistematis.
Penyimpanan pada rak-rak masih belum rapi, lokasi penyimpanan pada setiap rak
belum diklasifikasikan berdasarkan sediaan dan jumlah susunan nomor rak.
Pengelolaan data sampel bahan baku secara manual yang berjalan sekarang ini sulit
untuk menelusuri data yang sebenarnya didalam ruang sampel bahan baku. Masalah
lain yang sering terjadi yaitu kesulitan ketika melihat jumlah stok semua
sampel yang ada di ruang penyimpanan sampel bahan baku. Petugas harus melihat
secara manual pada laporan tertulis disetiap kartu stok yang sudah ditempel
disetiap rak.. Sementara itu, laporan data sampel bahan baku yang diberikan
setiap satu bulan sekali kepada Manager QC masih dalam bentuk form stok sampel
bahan baku, hal semacam ini dapat beresiko apabila file (hard copy) tersebut rusak dan tidak ada back up data apabila terjadi kehilangan form stok sampel bahan
baku.
Sehubungan
dengan permasalahan tersebut, maka penunlis tertarik untuk meneliti dan membuat
suatu sistem pengecekan sampel dan penyimpanan bahan baku QC Incoming departemen
pengawasan mutu di PT. MERO Indonesia, yang nantinya dapat membantu perusahaan
khususnya departemen pengawasan mutu dalam menghasilkan informasi yang akurat
mengenai pendataan pengecekan secara kimia dan fisika, pengeluaran, laporan dan
sisa prsediaan sampel bahan baku.
1.2 Tujuan
Pekerjaan
Untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolaan
retain sample, dibutuhkan suatu
sistem aplikasi pengelolaan
retain sample secara elektronik yang bertujuan untuk:
1.
Untuk
merancang suatu sistem informasi yang berguna dalam mengelola data hasil
analisa dan penyimpanan sampel bahan
baku di PT. MERO Indonesia.
2.
Integrasi
penyimpanan data dan tata letak penyimpanan sampel bahan baku.
3.
Memudahkan
pelacakan dan pencarian sampel dengan cepat dan tepat saat dibutuhkan.
4.
Kemampuan
untuk menyediakan informasi secara cepat dan akurat
5.
Management
backup dokumen retain sample.
6.
Mengetahui
kendala-kendala yang ada pada sistem lama.
1.3
Ruang Lingkup Pekerjaan
Tempat yang
dipilih penulis untuk melakukan penelitian departemen QC mulai dari analisa
bahan baku secara fisika-kimia, penyimpanan sampel bahan baku, sampai
pengeluaran sampel bahan baku dari ruang sampel.
1.4 Lokasi Pengguna Jasa Dan Sumber
Dana
1.
Rencana
implementasi sistem manajemen dokumen secara elektronik berlokasi dilantai 1
Ruang Lab untuk bagian Qc.Incoming.
2.
Sumber pendanaan
dibiaya dari Rencana
Anggaran dengan nilai pekerjaan
sebesar Rp. 59.075.000,- .
No
|
Perincian
|
Biaya
|
1.
|
Analisa Kebutuhan
|
Rp. 15.500.000
|
2.
|
Design Fungsi
|
Rp.
6.500.000
|
3.
|
Pemrograman
|
Rp.
20.500.000
|
4.
|
Pengujian
|
Rp.
3.500.000
|
5.
|
Instalasi
|
Rp. 800.000
|
6.
|
Pelatihan
|
Rp.
1.250.000
|
7.
|
Pemeliharaan
|
Rp.
500.000
|
8.
|
Dokumentasi
|
Rp. 300.000
|
9.
|
Transportasi
|
Rp.
1.200.000
|
|
Total
|
Rp. 50.050.000
|
Tipe Requirement
|
Spesifikasi
|
Harga Satuan
|
||
Software
|
Visual Basic 6.0
Microsoft Office 2007
|
Rp 2.085.000
Rp.
1.690.000
Rp. 750.000
|
||
Hardware
|
1 Paket Komputer (PC)
|
Rp. 4.500.000
|
||
TOTAL
|
|
Rp. 9.025.000
|
Total
Biaya = Biaya Pengerjaan + Biaya Kebutuhan
=
Rp. 50.050.000 + Rp. 9.025.000
= Rp. 59.075.000
1.5
Hasil yang Diharapkan
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:
1.
Untuk
merancang suatu sistem informasi yang berguna dalam mengelola data hasil analisa
dan penyimpanan sampel bahan baku di PT. MERO Indonesia.
2.
Mengetahui
kendala-kendala yang ada pada sistem lama.
Adapun Hasil yang diharapkan dari pembangunan sistem aplikasi ini
adalah :
1)
Terbangunnya sistem
aplikasi berintregasi dalam
mengelola data hasil analisa dan penyimpanan sampel bahan baku berbasis
aplikasi dekstop dengan fasilitas sebagai berikut:
a.
Mendapatkan kemudahan
dalam pengelolaan data hasil analisa, pemberian status bahan baku, penyimpanan
bahan baku, serta melihat stok serta hasil laporannya.
b.
Kemudahan
pencarian dokumen dan sampel bahan baku saat di butuhkan
c.
Fungsi
pengaturan backup data.
2)
Dokumentasi
sistem
a.
Dokumentasi
analisa kebutuhan (user requirement document).
b.
Dokumentasi
spesifikasi sistem aplikasi.
c.
Dokumentasi
user manual.
1.6 Metodologi
Pengembangan Sistem
Adapun
dalam penelitian ini metode yang akan digunakan adalah metode SDLC dengan
menggunakan fase waterfall atau sering juga disebut model sekuensial linier
atau alur hidup klasik.
Adapun
tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut:
1. Analisis
kebutuhan perangkat lunak
Proses pengumpulan kebutuhan dilakukan
secara intensif untuk mengelompokan kebutuhan perangkat lunak agar dapat
dipahami perangkat lunak seperti apa yang dibutuhkan oleh user.
2. Desain
Desain program lunak adalah prosnes desain
pembuatan program perangkat lunak termasuk struktur data, arsitektur perangkat
lunak, refrentasi antar muka dan prosedur pengodean.
3. Pembuatan
kode program
Hasil dari tahap ini adalah program
komputer sesuai dengan desain yang telah dibuat pada tahap desain.
4. Pengujian
Pengujian fokus pada perangkat lunak secara
logik dan fungsional serta memastikan bahwa semua bagian sudah di uji. Hal ini
dilakukan untuk meminimalisir kesalahan (error)
dan memastikan keluaran yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan.
5. Pendukung
atau pemeliharaan
Tidak menutup kemungkinan sebuah
perangkat lunak mengalami perubahan ketika sudah dikirim ke user. Jadi tahap pendukung atau
pemeliharaan dapat mengulangi proses pengembangan mulai dari analisis
spesifikasi untuk perubahan perangkat lunak yang sudah ada, tapi tidak untuk
membuat perangkat lunak baru.
1.7 Tenaga
Ahli dan Waktu pelaksanaan pekerjaan
1.
Tenaga Ahli yang dibutuhkan
Guna
menghasilkan hasil
penyelesaian pekerjaan seperti
yang diharapkan diperlukan pengelolaan dan pengorganisasian kerja antar
personal secara baik. Hal tersebut
diperlukan mengingat cukup banyak
item pekerjaan yang harus diselesaikan serta perlunya pengendalian
koordinasi terhadap tugas, keahlian dan tanggung jawab masing-masing personil.
Tenaga ahli yang terlibat dalam pekerjaan ini adalah sebagai berikut:
a. Project
Manager: Nurul Fajriyah
b. Business
Analyst: M. Ilham Fauzi
c. System
Analyst: Wawan Setiawan
d. Quality
Assurance: Ade Rahmat Hidayat
e. IT
Specialist: Alviandi Liberty
f. Supporting
staff: Wawan Setiawan
2.Waktu
pelaksanaan pekerjaan
Kegiatan
penyelesaian pekerjaan ini
dilakukan selama 4 (empat) bulan termasuk dengan beberapa kegiatan dilakukan secara paralel sebagai
berikut :
No
|
Tahapan Pekerjaan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Perencanaan kebutuhan
sistem
-Pendefinisian kebutuhan
-Mekanisme koordinasi
-Prosedur kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Analisa kebutuhan sistem
-Review prosedur
-Identifikasi proses bisnis
-Review infrastruktur
dan input, proses serta
output
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Penyusunan design
sistem aplikasi
-Rancangan sistem baru
-Kriteria kehandalan/ performance
-Pendefinisian input,
proses/
prosedur dan
output
-Rancangan dokumentasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Pembangunan Sistem Aplikasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Implementation
-Testing
-Training
-Operasional
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Maintenance
-Monitoring stabilitas
sistem
-Update penyesuaian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.Spesifikasi
Hardware dan Software
Adapun ukuran standard (minimal)
perangkat keras yang digunakan dalam pengoperasian
Sistem Pengecekan dan pencatatn bahan baku yang akan dibangun yaitu sebagai
berikut :
a. Processor:
Dual Core
b. RAM:
2 GB
c. Harddisk:
SATA 100 GB
d. Monitor:
LG 14”
e. Software:
Windows7 Ultimate
f. Software:
Visual Basic 6.0
g. Software:
Crystal Report
B.
PROSES SISTEM PENGECEKAN
DAN PENGELOLAAN SAMPEL BAHAN BAKU
A.Prosedur Penerimaan Sampel
Bahan Baku
Petugas QC Incoming melakukan pengecekan kelengkapan dokumen, seperti surat
jalan dan COA (Certificate of Analisis).
Kemudian sampling bahan baku untuk kebutuhan analisa
fisika-kimia.
B. Prosedur Analisa Sampel
Bahan Baku
Sampel di analisa dan di catat di form
analisa QC Incoming, kemudian input
data dari hasil analisa bahan baku tersebut ke sistem aplikasi ke halaman form
analisa bahan baku. Klik tambah produk, kemudian petugas mulai menginput
no.batch, kode bahan, nama bahan, produsen, supplier, serrtifikat halal, COA,
jumlah, satuan, tanggal expire, keterangan, tanggal analisa, sensory,
organoleptik, kadar air, viscosity, melting point, berat jenis, kemudian klik
simpan.
C. Prosedur Pemberian
Label Status Pada Bahan Baku
Petugas QC Incoming masuk ke halaman form
RHR (Release Hold Riject) pada sistem
aplikasi dan klik tambah produk. kemudian petugas mulai menginput No. Batch,
kode bahan, nama bahan, produsen, supplier, jumlah, tanggal expire, halal pass,
keterangan, nama petugas, kemudian klik simpan
D. Prosedur Penyimpanan
Sampel Bahan Baku
Petugas QC Incoming masuk ke halaman form stok sampel bahan baku pada sistem aplikasi
dan klik halaman tambah produk. Kemudian
petugas mulai menginput No.
batch, kode bahan, nama bahan, tanggal
expire, lokasi penyimpanan, kemudian klik simpan.
E. Prosedur Pengeluaran
Sampel Bahan Baku
Petugas QC Incoming masuk ke halaman form pengeluaran sampel bahan baku pada
sistem aplikasi dan klik halaman tambah produk. Kemudian menginput No. batch ke kolom cari, setelah
data di temukan, kemudian klik simpan.
Komentar
Posting Komentar